Abstract:
Keputusan Pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan
pembelian dimana konsumen benar-benar akan membeli. Harga adalah jumlah
dari seluruh nilai yang konsumen tukarkan untuk jumlah manfaat dengan
memiliki atau menggunakan suatu barang dan jasa. Kualitas Produk adalah
kemampuan suatu barang untuk memberikan hasil / kinerja yang sesuai atau
melebihi dari apa yang diinginkan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Harga produk dan Kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kartu Perdana
Telkomsel pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muhammadiyah
sumatera utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuota
sampling, dengan sample 30 orang pengguna kartu perdana Telkomsel. Populasi
dalam penelitian ini adalah pengguna kartu Telkomsel pada mahasiswa fakultas
ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk
memperoleh data.
Pada uji hipotesis secara serempak (Uji F) variabel Harga produk dan
Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Pada uji hipotesis parsial (Uji t) variabel Harga produk mempunyai
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel Kualitas produk
juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil
pengujian Adjusted R Square (R2) menunjukkan nilainya sebesar 0,487. Artinya
variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 49% oleh variabel Harga
produk dan Kualitas produk, sementara sisanya 51% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini