Abstract:
Kepuasan konsumen tingkat perasaan dimana seseorang menyatakan hasil
perbandingan atas kinerja produk jasa yang diterima dengan yang diharapkan. .
Kualitas Produk merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan
produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi
harapan. Kualitas pelayanan adalah sebuah kata yang bagi penyedia jasa
merupakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan baik
Tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan untuk mengetahui pengaruh
kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT.
Kharisma Graha Jaya Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Random
Sampling yaitu menentukan sampel secara acak sebanyak 50 responden yang
merupakan konsumen PT. Kharisma Graha Jaya Medan.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan uji validitas dengan menggunakan Corrected Item Total dan
uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis dalam penelitian
ini. Penelitian ini menggunakan uji t dan uji F serta melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh
variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen yang ditunjukkan
thitung (7,650) ttabel (1,984) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05 dan
terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan
konsumen yang ditunjukkan thitung (2,797) > ttabel (1,984) dengan nilain signifikan
sebesar 0,000 < 0,05 dan kualitas produk dan kualitas pelayanan mempuanyai
pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. Kharisma Graha Jaya
Medan dengan nilai Fhitung (31,054) > Ftabel (3,09) dengan tingkat signifikan 0,000.
Selanjutnya nilai R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,569 menunjukkan
56,9% pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen