Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah model pembelajaran Berbalik (Reciprocal teaching) dapat
meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa pada materi Perpajakan. Adapun yang
menjadi variabel dalam penelitian ini adalah: Model Pembelajaran Berbalik
(Reciprocal Teaching). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti
adalah dengan menganalisis 10 jurnal penelitian terdahulu serta dengan
melakukan studi literatur atau biasa disebut riset kepustakaan. Studi literatur
adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data
pustaka, membaca dan mencatat serta menganalisis kembali penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar melalui penerapan model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching)
pada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Pembelajaran
Berbalik (Reciprocal Teaching) efektif terhadap peningkatan hasil belajar mata
pelajaran. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model
Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) terhadap hasil belajar siswa.
Analisis model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dapat digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.