Abstract:
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh faktor budaya terhadap keputusan konsumen membeli
Mobil Avanza Pada PT. Astra International Tbk Auto2000 Sisingamangaraja -
Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor sosial terhadap
keputusan konsumen membeli Mobil Avanza Pada PT. Astra International Tbk
Auto2000 Sisingamangaraja – Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh faktor budaya dan sosial terhadap keputusan konsumen membeli Mobil
Avanza Pada PT. Astra International Tbk Auto2000 Sisingamangaraja - Medan..
Dalam hal ini yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang membeli Mobil Avanza pada tahun 2016 di PT. Astra
International Tbk Auto2000 Sisingamangaraja - Medan dengan jumlah populasi
1231 orang. Penentuan jumlah sampel yang diambil untuk dijadikan responden
dengan menggunakan rumus Slovin, Maka selanjutnya penulis dapat mengambil
sampel 93 orang untuk mewakili populasi dalam penelitian dengan teknik
penarikan sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling yang merupakan
teknik penentuan sampel kepada 93 orang konsumen.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan
(observasi), studi dokumentasi dan questioner (angket). Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, dan
uji F dan koefisien determinant.
Faktor budaya berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan
konsumen membeli mobil Avanza pada PT. Astra International Tbk. Auto2000
Sisingamangaraja - Medan. Faktor sosial berpengaruh signifikan dan positif
terhadap keputusan konsumen membeli mobil Avanza pada PT. Astra
International Tbk. Auto2000 Sisingamangaraja - Medan. Faktor budaya dan
faktor sosial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan
konsumen membeli mobil Avanza pada PT. Astra International Tbk. Auto2000
Sisingamangaraja - Medan pada taraf a0,05.