Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan memahami fakta dengan
kemampuan berargumentasi oleh siswa kelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis tahun
pembelajaran 2018-2019.data diperoleh melalui instrumen tes kemampuan memahami fakta
dan kemampuan berargumentasi masing-masing sebanyak 5 soal. Kedua tes dujikan kepada
siswa sebanya 81 orang sebagai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
analisis. Teknik analisis data melalui studi kolerasi berdasrkan rumus “r” Correlation
Product Moment dari Pearsons:
Berdasarkan teknik analisis data, maka diperoleh temuan penelitian sebagai berikut:
Nilai rata-rata kemampuan memahami fakta adalah 89,19 kriteria A (sangat baik)
Nilai rata-rata kemampuan berargumentasi adalah 77,69 kriteria B (baik).
Hubungan/kolerasi kemampuan memahami fakta dengan kemampuan berargumentasi
menunjukan hubungan/kolerasi tinggi, positif, dan signifikan dengan koefisien kolerasi
0,723. Artinya, semakin mampu siswa memahami fakta, maka semakin mampu pula siswa
berargumentasi.