Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan intelektual
kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dokumentasi
dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kecerdasan
intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah , berdasarkan indicator
adalah sebagai berikut: pertama, Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah di
SMA Tarbiyah Islamiyah dalam menangani kecerdasan angka dapat di katakan
baik karna terbukti dengan membagi jam mengajar pada dewan guru serta
memberikan sangsi apabila ada yang menyalahi aturan, serta mengatur waktu
dalam hal rapat dan pembahasan belajar mengajar. Kedua, Dalam kepemimpinan
kepala sekolah menangani pemahaman komunikasi verbal di SMA Tarbiyah
Islamiyah dapat di kategorikan baik karna dapat dilihat dari hasil yang di berikan,
seperti pemahaman oleh dewan guru dan peserta didik dengan baik. Dan ketiga,
Kepemimpinan kepala sekolah dalam menangani kecepatan persepsi
memeberikan dampak yang positif, seperti salah satunya memberikan metode
belajar yang baru melalui pembelajaran during atau online dan melakukan tatap
muka secara berkala dan bergelombang.