Abstract:
Keputusan Pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan
pembelian dimana konsumen benar-benar akan membeli. Kualitas Produk adalah
kemampuan suatu barang untuk memberikan hasil / kinerja yang sesuai atau
melebihi dari apa yang diinginkan konsumen. Merek adalah identifikasi
produk,kualitas produk, saran menciptakan asosia dan makna unik sebagai alat
simbolis yang memproyeksikan citra diri dari sebuah produk pada suatu
perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Kualitas produk dan Merek terhadap keputusan pembelian Laptop Acer pada
mahasiswa fakultas ekonomi dan Bisnis universitas muhammadiyah sumatera
utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuota sampling, dengan
sample 100 orang pengguna Laptop Acer. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengguna Laptop Acer pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas
muhammadiyah sumatera utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk
memperoleh data.
Pada uji hipotesis secara serempak (Uji F) variabel Kualitas Produk dan
Merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pada uji hipotesis parsial (Uji t) variabel Kualitas Produk mempunyai pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variable Merek juga mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian
Adjusted R Square (R2) menunjukkan nilainya sebesar 0,189. Artinya variabel
keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 19% oleh variabel Kualitas produk
dan Merek sementara sisanya 81% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini