Abstract:
Dalam perusahaan jasa, keputusan pembelian merupakan hal yang
paling krusial dalam kelangsungan perusahaan, dalam hal ini ada beberapa
faktor yang mendukung keputusan tersebut yaitu persepsi dan motivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
persepsi terhadap keputusan menggunakan jasa transportasi Kereta Api tujuan
Medan – Tanjung Balai Untuk menganalisis dan mengetahui dan menganalisis
pengaruh motivasi terhadap keputusan menggunakan jasa transportasi Kereta Api
tujuan Medan – Tanjung Balai, dan untuk mengetahui menganalisis dan dan
menganalisis pengaruh persepsi dan motivasi terhadap keputusan menggunakan
jasa transportasi Kereta Api tujuan Medan – Tanjung Balai..
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna jasa
pada PT. Kereta Api Indonesia Medan, dengan tujuan keberangkatan Medan –
Tanjung Balai. Sampel berjumlah 75 orang penumpang dengan menggunakan
aksidental teknik sampling, dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Taknik analisis
data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan
Kefisien Determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara
Persepsi dengan Keputusan menggunakan transportasi kereta api tujuan Medan –
Tanjung Balai ditinjau dari nilai thituung 2,087> 1,667 ttabel, ada pengaruh yang
signifikan antara Motivasi dengan Keputusan menggunakan transportasi kereta
api tujuan Medan – Tanjung Balai ditinjau dari nilai thituung 2,700 > 1,667 ttabel.
Ada pengaruh persepsi dan motivasi terhadap keputusan menggunakan
transpotasi kereta api Medan-Tanjung Balai dengan F hitung 46,551 > 3,13 Ftabel.
Nilai R square 0,564 memperlihatkan 56,4% kontribusi persepsi dan motivasi
mempengaruhi keputusan menggunakan transportasi kereta api Medan – Tanjung
Balai sebesar 56,4% sedangkan sisanya 43,6% dipengaruhi variabel lain yang
tidak diteliti.