Abstract:
Persepsi merupakan salah satu aspek psikologis yang penting bagi
manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek dan gejala di sekitarnya.
Sedangkan CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau
tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan
terhadap sosial maupun lingkungan sekitar. PT. Gunung Melayu Asian Agri
Group adalah salah satu perusahan perkebunan yang sudah banyak melakukan
Program kegiatan CSR khusunya dibidang Pendidikan. Tujuan penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang kegiatan program CSR
pendidikan di PT. Gunung Melayu Asian Agri Group. Penelitian menggunakan
teori-teori tentang komunikasi, persepsi, Corporate Social Responsibility (CSR),
dan Hubungan Masyarakat (Humas). Adapun metode yang digunakan pada skripsi
ini adalah metode deskriptif dengan melakukan penyebaran Kuesioner,
Wawancara pada masyarakat Desa Sidomulyo dan Desa Batu Anam dengan
jumlah masyarakat 320 orang, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 76
masyarakat (sampel) yang ditetapkan berdasarkan rumus Taro Yamane. Peneliti
ini memfokuskan perhatian pada kecenderungan tentang persepsi masyarakat
dengan teknik analisis tabel tunggal pada setiap pernyataan pada kuesioner.
Lokasi penelitian ini adalah di Desa Sidomulyo dan Desa Batu Anam Kecamatan
Rahuning Kabupaten Asahan yang terletak di sekitar Perkebunan PT. Gunung
Melayu Asian Agri Group. Penelitian dilakukan selama + 1 bulan. Hasil
penelitian mengungkapkan mayoritas masyarakat Desa Sidomulyo dan Desa Batu
Anam mengatakan bahwa Program CSR pendidkan itu penting bagi masyarakat
dan Mayoritas masyarakat mengatakan tidak setuju jika program CSR Pendidikan
dihentikan dari Perusahan