Abstract:
Berbagai media digunakan sebagai alat kampanye dan propaganda yang
biasanya dalam bentuk iklan, terutama menjelang Pemilu atau Pemilukada. Iklan
politik disebut juga sebagai salah satu bentuk komunikasi politik yang penting
dengan kualitas jurnalistik yang menampilkan situasi dan kondisi secara langsung
sehingga diharapkan mampu menawarkan fakta yang jelas tentang bagaimana
partai politik atau kandidat menunjukkan dirinya di depan khalayak pemilih.
Media memainkan peranan yang sangat penting dalam proses politik. Media
memiliki kemampuan untuk membuat seseorang cemerlang dalam karier
politiknya. Apakah media mampu menjadikan masyarakat menetukan sikap atau
sebuah keputusan kedepannya untuk ikut berpartisippasi dalam pemilu.Hal ini
menunjukkan bahwa pentingnya partisipasi khalayak dalam menetukan pemimpin
kedepannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh iklan politik terhadap keputusan memilih masyarakat di Desa
Sukarende Kecamatan Kutalimbaru.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
teknik analisis korelasi product moment dan teknik pengolahan data kuantitatif
yaitu melalui penyebaran kuesioner. Untuk menghitung hasil pengolahan data
menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution)
versi 20.0).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara
iklan politik dan keputusan memilih masyarakat Desa Sukarende Kecamatan
Kutalimbaru. Dibuktikan dengan hasil hipotesis yang menyatakan bahwa t hitung
lebih besar dari t tabel.