Abstract:
Setiap perusahaan terdiri dari sejumlah individu yang membentuk kelompok sosial
dengan ciri-ciri tertentu yang disebut publik. Publik internal yaitu publik yang terdiri
dari para pekerja (karyawan) menjadi bagian utama dari unit usaha, perusahaan atau
instansi itu sendiri. Karyawan dipandang sebagai salah satu aset perusahaan yang
penting dan perlu dikelola serta dikembangkan untuk mendukung kelangsungan
perusahaan. Maka dari itu karyawan dituntut untuk saling menjaga keharmonisan
dilingkungan kerja dengan antar karyawan.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah Internal Public Relations efektif dalam meningkatkan
keharmonisan antar pegawai di Hotel Madani Medan. Komunikasi secara sederhana
tidak hanya sekedar menyampaikan informasi tetapi juga mengandung unsur persuasif
yakni agar orang lain bersedia menerima suatu pemahaman dan pengaruh maupun
melakukan suatu perintah. Teori organisasi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori
hubungan manusia, teori ini yang menekankan pada pentingnya individu dan hubungan
sosial dalam kehidupan organisasi. Public Relations sangat penting bagi perusahaan,
terutama dalam menjalin hubungan baik dengan pegawainya. Public Relations menjadi
divisi yang penting dalam perusahaan terutama dalam meningkatkan keharmonisan.
Keharmonisan dalam hubungan kerja akan menghasilkan karyawan-karyawan unggul
dengan berbagai kekuatan dan kelebihan, yang akan membuat mereka semua pantas
sebagai kolega manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan yang sempurna.Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, dimana data
diperoleh dengan metode menyebarkan angket. Sampel yang diambil dari penelitian ini
berjumlah 62 orang. Analisis data yang menggunkan skala likert, skala likert digunakan
untuk mengukur sikap seseorang tentang suatu objek sikap. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa efektifitas Internal Public Relations dalam meningkatkan
keharmonisan antar pegawai di Hotel Madani Medan sangat baik sesuai dengan hasil
jawaban responden dari kuesioner yang dibagikan