Research Repository

Representasi Pentingnya Pendidikan Informal Bagi Anak Jalanan (Analisis Semiotika Film Stip Dan Pensil Karya Ardy Oktaviand)

Show simple item record

dc.contributor.author Kartika, Suhendra
dc.date.accessioned 2020-11-13T04:44:58Z
dc.date.available 2020-11-13T04:44:58Z
dc.date.issued 2018-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11079
dc.description.abstract Film menjadi salah satu media massa yang cukup efektif dalam menyampaikan suatu informasi. Sebuah film bisa menjadi komunikator atau sebagai perantara dalam komunikasi, hal ini dikarenakan sebuah film bisa berhubungan langsung dengan masyarakat penontonnya. Banyak makna-makna yang kadang tesirat dalam film yang justru menunjukkan sisi positif yang dapat dimbil dalam film tersebut dimana keseluruhan penciptaan film tersebut menggunakan hasil cipta pola pikir dan rasa manusia. Di dalam film Stip dan Pensil karya Ardy Oktaviand yang bercerita tentang kisah dari 4 anak SMU yang ingin membangun sekolah untuk para anak jalanan yang tinggal di kolong jembatan. Film ini menarik kesadaran akan lingkungan sosial di sekitar kita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya pendidikan informal bagi anak jalanan yang di representasikan dalam film Stip dan Pensil karya Ardy Oktaviand. Penelitian ini menjelaskan pesan dan makna pentingnya pendidikan bagi anak jalanan melalui kesadaran sosial yang terdapat dalam film Stip dan Pensil. Metode analisis yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Sebagai sebuah penelitian kualitatif, penelitian ini hanya memaparkan makna dari scene(potongan adegan), tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka atau bilangan). Hasil penelitian dan keseimpulan dari film ini telah merepresentasikan pentingnya pendidikan infomal bagi anak jalanan didalamnya, mulai dari nilainilai sosial, pesan moral tentang bagaimana memperjuangkan pendidikan terhadap diri sendiri dan orang lain sekaligus memperlihatkan ide untuk membuka sekolah darurat bagi anak jalanan sehingga mereka mendapat pendidikan yang layak dan dapat memperbaiki masa depan mereka untuk menjadi lebih baik yang ditampilkan melalui potangan-potongan adegan(scene). en_US
dc.subject Representasi en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Anak Jalanan en_US
dc.title Representasi Pentingnya Pendidikan Informal Bagi Anak Jalanan (Analisis Semiotika Film Stip Dan Pensil Karya Ardy Oktaviand) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account