Abstract:
enelitian ini berjudul “Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Minat
Beli (Studi Pada Pusat Kuliner Rujak Simpang Jodoh Tembung)”. Brand Image
memiliki peranan yang amat penting dalam menjalankan jual beli sebuah produk.
Apabila Brand Image yang dimiliki sebuah produk bagus, maka produk yang
dijual memili minat beli yang tinggi. Banyak cara yang dilakukan penjual agar
produk lebih dikenal, salah satunya dengan meningkatkan kualitas produk tersebut
sehingga mempunyai minat beli pada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana Brand Image dan kualitas produk terhadap minat
beli. Lama penelitian ini penulis lakukan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner (angket). Sedangkan objek
dalam penelitian ini adalah konsumen rujak simpang jodoh Tembung.
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap
99 orang responden konsumen rujak simpang jodoh Tembung dengan
menggunakan metoden purposive sampling untuk mengetahui analisis terhadap
data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisi kuantitatif meliputi
uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t
sertauji koefisien determinasi (R
). Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis
penelitian.
2
Hasil analisis mendapatkan bahwa kedua faktor brand image dan kualitas
produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t signifikan mempengaruhi variabel dependen minat
beli. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel brand image dan
kualitas produk berpangaruh signifikan secara bersama-sama dalam minat beli