Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan
penguasaan konten dengan menggunakan media internet untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun
Pembelajaran 2018/2019. Tujuan dialakuakannya penelitian ini adalah untuk
penerapan layanan penguasaan konten dengan menggunakan media internet untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Perbaungan
Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan subjek yaitu peneliti dan guru BK, dan Obejek peneliti
adalah siswa kelas XI TKJ sebanyak 15 peserta didik yang memiliki masalah
motivasi belajar yang rendah. Proses pengambilan data dilakukan empat minggu
yakni pada bulan juni-juli 2019, dengan teknikpengumpulan data, observasi dan
wawancara. Berdasarkanhasil penelitian yang dilakukan: Penerapan Layanan
Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Media Internet Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar oleh peneliti berjalan dengan lancar, optimal dan berhasil
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilihat dari hasil observasi dan
wawancara. Dan hal ini terbukti pada perubahan peserta didik, dan hal ini terbukti
pada perubahan peserta diidk, yang tadinya tidak bersemangan dalam belajar
sekarang sudah bersemangat dalam belajar, karena kurangnya motivasi belajar
berdampak buru pada masa depan peserta didik. perubahan pserta didik tersebut
setelah mendapatkan layanan penguasaan konten dalam upaya pencapaian
dilakukan bersama peserta didik dan guru bimbingan konseling mencapai 85,00
%. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan penting.