Abstract:
Masalah kecelakaan lalu lintas dan akibat terjadinya suatu kecelakaan
menjadi suatu masalah sosial saat ini. Korban manusia dalam hal ini bisa berada
dalam keadaan meninggal dunia, mengalami luka berat, luka ringan maupun dapat
menyebabkan kerugian materi dan kerusakan pada kendaraan yang terlibat.
Humas kepolisian Polres Pematangsiantar melalui Unit Laka Lantas dalam
mengurangi kecelakaan bagi pengendara dengan memasang iklan spanduk
imbauan agar pesan dalam spanduk tersebut mempengaruhi sikap pengendara
ketika membacanya. Penelitian ini mencoba melihat Bagaimana Komunikasi
Persuasif Humas Kepolisian Polres Pematangsiantar Melalui Iklan Spanduk
Dalam Mengurangi Kecelakaan Bagi Pengendara. Teori yang dipakai dalam
penelitian ini mencakup teori komunikasi, komunikasi persuasif, humas,
kepolisian, iklan, kecelakaan lalu lintas. Narasumber dalam penelitian ini terdiri
dari 5 informan yaitu 1 orang pihak kepolisian dan 4 orang pengendara yang
melihat iklan spanduk di wilayah Polres Pematangsiantar. Metode penelitian yang
digunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi selanjutnya dianalisis mulai dari tahap
pengumpulan data sampai tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa komunikasi persuasif humas Kepolisian Polres
Pematangsiantar melalui iklan spanduk dalam mengurangi kecelakaan bagi
pengendara sudah berjalan dengan baik. Dalam menggunakan spanduk diperlukan
karakteristik spanduk seperti lokasi pemasangan spanduk, desain spanduk,
kejelasan redaksi dan ukuran spanduk untuk menarik minat pengendara dalam
melihat dan membaca spanduk sehingga pesan persuasif tersampaikan dengan
baik kepada pengendara yang melihatnya