Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Binjai pada tahun
pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
penguasaan struktur teks diskusi terhadap kemampuan menulis teks diskusi oleh
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah
136 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebagian dari jumlah populasi yaitu 68
siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
korelasional (ex post facto). Instumen penelitian ini menggunakan tes sebanyak 10
soal untuk penguasaan struktur teks diskusi dan kemampuan menulis teks diskusi
dengan tes essay. Sebelum melakukan pengujian teks terlebih dahulu dilakukan
uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan keberartian.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Siswa
memperoleh nilai 80-100 sangat baik 49 orang (72,05), siswa yang memperoleh
nilai 70-79 baik 17 orang (25%), nilai 60-69 cukup 1 orang (1,47%) dan nilai
00,59 kurang 1 orang (1,47%). Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan
analisis korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 0,5 menunjukan nilai
rhitung > rtabel yaitu 0,591 > 0,235 dalam kriteria penilaian korelasi yaitu sedang .
Dengan demikian. Hipotesis berbunyi terdapat “Hubungan Penguasaan Struktur
Teks Diskusi Terhadap Kemampuan menulis teks diskusi oleh siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pemnelajaran 2017-2018”.