Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Manusia sebagai makhluk yang mengenal
simbol, menggunakan simbol untuk mengungkapkan siapa dirinya. Karena dalam
menjalani hidupnya tidak mungkin sendirian melainkan secara berkelompok atau
disebut dengan masyarakat, karena antara satu dengan yang lain saling
membutuhkan. Manusia sebagai anggota masyarakat dalam melakukan
interkasinya sering kali menggunakan simbol dalam memahami interaksinya.Agar
pembahasan pada tulisan ini tidak terlalu meluas, dalam penelitian ini hanya
dibatasi pada pengkajian dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menjelaskan Penggunaan Simbol-simbol Islam dalam Menarik Customer PT.Bank
Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Washliyah Medan.Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan
mewawancarai 4 (empat) orang informan untuk memperoleh data mengenai
interaksi simbolisasi dalam menarik customer.Dari hasil penelitian dan
wawancara maka komunikasi dalam hal ini meliputi komunikasi verbal melalui
lisan dan juga komunikasi nonverbal melalui simbol-simbol Islam. Seperti halnya
simbol PT.BPRS Al-washliyah, yang menggambarkan bahwa bank BPRS
merupakan anggota dari iB (Islamnic Banking) sebagai identitas bersama di
industri perbankan syariah di Indonesia. Komunikasi yang terjadi di PT.BPRS Alwashliyah
adalah komunikasi verbal dan nonverbal, dan interaksi simbolik.
Komunikasi verbal adalah sarana utama untuk menyatakan pikiran, perasaan, dan
maksud kita. Bahasa verbal menggunakan kata-kata yang mempersentasikan
berbagai aspek realitas individual kita. Seperti halnya dalam melayani nasabah,
pegawai dan staf PT.BPRS Al-washliyah selalu mengikuti perkembangan
informasi yang berkembang saat ini. Komunikasi nonverbal adalah semua isyarat
yang bukan kata-kata. komunikasi nonverbal mencakup semua rangsangan
(kecuali rangsangan verbal) dalam suatu setting komunikasi, yang dihasilkan oleh
individu dan penggunaan lingkungan oleh individu, yang mempunyai nilai pesan
potensial bagi pengirim atau penerima, kita mengirim banyak pesan nonverbal
tanpa menyadari bahwa pesan-pesan tersebut bermakna bagi orang lain.
Komunikasi ini bisa dilihat dari pakaian seragam yang di pakai oleh pegawai atau
staf PT.BPRS Al-washliyah Medan, misalnya ada mahasiswa magang di kantor
PT.BPRS Al-washliyah Medan, dan dari seragam yang di pakai pegawai atau staf
nasabah bisa mengetahui mana yang pegawai dan mana mahasiswa magang.