Abstract:
Brand image merupakan sudut pandang atau persepsi konsumen terhadap
merek tertentu. Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan atas suatu produk atau
jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para pelanggan untuk memperoleh
manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu produk ataupun jasa. Setiap hotel
memiliki harga yang berbeda-beda, begitu juga dengan image yang dimiliki serta
kualitas layanan yang diberikan oleh setiap hotel akan selalu berbeda. Harga
merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan tingkat kepuasan
konsumen. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah
membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Tujuan dilakukannya
penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh brand image dan harga
terhadap kepuasan konsumen menginap di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Populasi
dalam penelitian ini adalah pengunjung yang menginap di The Hill Hotel dan
Resort Sibolangit dengan jumlah responden 75 orang. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Brand image
dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menginap di The
Hill Hotel dan Resort Sibolangit ditunjukkan dari hasil uji statistik dengan
menggunakan uji korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar 0,695
menunjukkan ada atau tidaknya hubungan antar variabel bebas (X) dan variabel
terikat (Y) maka digunakan dengan pedoman koefisien korelasi. Berdasarkan uji t
yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,254 >
1,993) sehingga hipotesis dapat diterima.