Research Repository

Wisata Arung Sebagai Daya Tarik Komunikasi Pemasaran (Study Pada Operator Ancol Arung Jeram Di Sungai Bahbolon Sipispis, Serdang Bedagai)

Show simple item record

dc.contributor.author Wandira, Primayanka Balqis
dc.date.accessioned 2020-11-13T02:34:57Z
dc.date.available 2020-11-13T02:34:57Z
dc.date.issued 2018-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10985
dc.description.abstract Pariwisata merupakan salahsatu sektor penyumbang devisa terbesar di negara ini. Sumatera utara dengan kekayaan alam berupa gunung, danau, sungai dan lautan dengan pemandangan yang mengagumkan diharapkan dapat berkembang melalui sektor pariwisata. Dewasa ini, olahraga minat khusus banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun manca negara, salahsatunya adalah arung jeram. Arung jeram berkembang pesat di Jawa dan Bali dengan angka jumlah wisatawan yang terus melonjak naik disetiap tahunnya. Target pasar arung jeram dari berbagai kalangan, kebanyakan dari perusahaan dan instansi maupun dari pelajar dan mahasiswa sehingga menjadikan arung jeram sebagai bisnis yang menjanjikan. Namun di Sumatera, perkembangan wisata arung jeram terkesan lambat karena image sungai yang mengerikan dan harus segera diubah menjadi menyenangkan agar dapat menarik minat wisatawan. Sungai Bahbolon di Serdang Bedagai Sumatera utara juga memiliki daya tarik wisata arung jeram sebagai wisata minat khusus dan kepetualangan dengan mengarungi sungai berjeram serta disuguhi pemandangan alam sepanjang aliran sungai. Green Canyon yang menjulang tinggi, pemandangan hutan tropis khas Sumatera, Air terjun yang langsung jatuh ke sungai yang jernih serta satwa liar seperti kera dan biawak yang bisa kita lihat di sepanjang jalur pengarungan. Dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran dan promosi yang baik untuk memasarkan wisata arung jeram di sungai Bahbolon agar meningkatnya jumlah wisatawan. Penelitian ini mengukur apa saja kegiatan komunikasi pemasaran dan promosi operator Ancol arung jeram di sungai Bahbolon Sipispis, Serdang bedagai, Sumatera Utara. Ancol arung jeram merupakan salah satu dari lima operator arung jeram yang ada di Sumatera utara dengan jumlah wisatawan terbanya. Penelitian ini didasari oleh teori bauran promosi atau marketing mix yaitu alat yang digunakan dalam kegiatankomunikasi pemasaran yang dimanfaatkan oleh perusahaan agar tercapainya target penjualan di pasaran. Kegiatan komunikasi pemasaran Ancol arung jeram melalui periklanan dari media cetak dan elektronik, brosur, dan yang paling efektif melakukan pemasaran dari media online. Peneliti menemukan, dengan daya tarik sumber daya alam wisata arung jeram yang ada di sungai Bahbolon, kegiatan komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh operator Arung jeram cukup baik. Media dan alat bantu promosi harus lebih gencar dan dimaksimalkan lagi agar target wisatawan tercapai. Inovasi paket arung jeram, pelayanan wisatawan dan juga pembangunan sarana di operator arung jeram juga harus ditingkatkan agar lebih bayak lagi wisatawan yang tertarik berarung jeram di sungai Bahbolon. en_US
dc.subject Daya Tarik Komunikasi Pemasaran en_US
dc.title Wisata Arung Sebagai Daya Tarik Komunikasi Pemasaran (Study Pada Operator Ancol Arung Jeram Di Sungai Bahbolon Sipispis, Serdang Bedagai) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account