Abstract:
Sistem pembayaran
merupakan suatu sistem yang mencakup berupa aturan, yang digunakan untuk
melaksanakaan pemindahan dana untuk memenuhi suatu kewajiban yang
ditimbulkan dalam suatu kegiatan ekonomi. Maka dalam menghadapi
perkembangan ekonomi nasional yang senantiasa bergerak cepat, kompetitif, dan
terintegrasi dengan tantangan yang semakin praktis serta sistem keuangan yang
semakin maju, muncullah suatu inovasi dalam bidang instrumen pembayaran yang
diciptakan untuk menggantikaan alat pembayaran berupa uang tunai, yaitu
instrumen pembayaran ini disebut e-money (electronic money). Strategi
merupakan perencanaan yang dibuat secara cermat dan sistematis terhadap suatu
permasalahan yang dihadapi untuk mencapai tujuan- tujuan yang ingin dicapai.
Strategi diartikan sebagai rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang
mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan
yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai
melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti
dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi marketing komunikasi Bank BNI
untuk menggunakan e-money. Teori-teori yang dibahas dalam penelitian ini
adalah strategi, komunikasi, pemasaran, komunikasi pemasaran dan e-money.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer
dan Data skunder, dimana data primer tersebut adalah dengan menggunakan
metode wawancara, sedangkan data skunder berupa data-data lain yang berkaitan
dengan topik yang dibahas seperti di atas, ini diperoleh dari buku, perpustakaan
dan internet. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah marketing
Bank BNI, customer servis Bank BNI, dan 2 nasabah BNI yang menggunakan tap
cash. Teknik analisi data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan data
reduksi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing Bank BNI
sebagai penerbit e-money jenis tap cash telah berhasil mempengaruhi masyarakat
Kota Binjai untuk terus menggunakan tap cash