Abstract:
Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Perilaku Disiplin Melalui
Bercerita dengan Audio Visual Pada Anak RA Baiturrofiqoh Kecamatan Sei
Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun rumusan masalah pada penelitian
ini adalah Apakah dengan penerapan bercerita dengan audio visual dapat
meningkatkan perilaku disiplin anak RA Baiturrofiqoh Sei Rampah Kabupaten
Serdang Bedagai?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kedisiplinan anak
melalui media audio visual pada anak RA Baiturrofiqoh Sei Rampah Kabupaten
Serdang Bedagai. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran
berdasarkan hasil refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan
yang seharusnya dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting),
pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui bercerita menggunakan
audio visual dapat meningkatkan perilaku disiplin anak yang telah dilakukan
peneliti di RA Baiturrofiqoh Sei Rampah Serdang Bedagai. Hal ini ditunjukkan
mulai dari hasil rata-rata pra tindakan, bahwa secara rata-rata kelas peningkatan
hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus yang belum
menerapkan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan
bahwa peningkatan perilaku disiplin anak melalui bercerita dengan audio visual
dapat disimpulkan berhasil dilaksanakan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya
peningkatan persentase pada tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan
kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat
dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 22,9%,
selanjutnya siklus satu rata-ratanya adalah 39,6%, pada siklus dua terjadi
peningkkatan dengan rata-rata, 66,6%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang
diperoleh anak adalah 81,3%.