Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal
Asmaul Husna melalui metode bernyanyi di RA As-Syifa Patumbak Kabupaten Deli
Serdang. Penelitian ini dilakukan di RA As-Syifa Patumbak Kabupaten Deli Serdang.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA As-Syifa Patumbak Kabupaten Deli
Serdang yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, unjuk
kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode
deskriptif interpretatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode
bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal Asmaul Husna di RA AsSyifa
Patumbak
Kabupaten
Deli
Serdang.
Peningkatan
tersebut
dapat
dilihat
dari
adanya
peningkatan
rata-rata
dalam
bentuk
persen
dari
tahap
pra
siklus
dan
setelah
dilakukan
tindakan
kelas.
Berdasarkan
ketentuan
minimal
anak
adalah
berkembang
sesuai
harapan
maka
dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan menghafal Asmaul Husna anak
melalui metode bernyanyi yaitu pada pra siklus 22,5 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya
47,5%, siklus 2 rata-ratanya 78,7% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak
adalah 90,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal Asmaul Husna di RA
As-Syifa Patumbak Kabupaten Deli Serdang