Abstract:
Melalui akun instagram saat ini sangatlah mudah untuk memasarkan produk yang kita miliki
untuk diketahui dan diminati banyak orang yaitu dengan meminta endorse kepada akun
instagram yang sudah banyak melakukan endorsement seperti contoh akun Medan talk,
minang kocak, umsu cantik, dan berbagai akun instagram lainnya tentu dengan followers dan
like yang diatas angka ribuan bahkan jutaan followers .Instagram adalah tempat yang baik
untuk melakukan kegiatan pemasaran. Instagram juga alat yang mengagumkan untuk
menggapai audience baru dan demografis baru, beberapa langkah yang strategis yang perlu
dilakukan untuk pemasaran pada akun Instagram. Setiap wanita pasti menginginkan cantik
untuk dirinya sendiri, seperti Stem cell yang merupakan produk kecantikan eksklusif
celebrities kelas atas yang sangat popular saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini
sebagai berikut : Apakah berpengaruh efektivitas endorse produk kecantikan stem cell
melalui akun instagram terhadap minat beli wanita di kota Medan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas endorse produk kecantikan stem cell melalui
akun instagram terhadap minat beli wanita di kota Medan. Metode penelitian yang digunakan
yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriftif korelasi. Dari hasil penelitian terlihat
bahwa efektivitas endorse stem cell, hal ini ditunjukan oleh hasil pengujian t dan determinasi
terdapat pengaruh variable X (Efektivitas Endorse stem cell) terhadap variable Y (minat beli
wanita) yang ditunjukkan oleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu t-hitung =
3,650 > t-tabel =1,990. Efektivitas Endorse stem cell Terhadap Minat Beli wanita.
Selanjutnya terlihat pula nilai probabilitas t yakni sig adalah 0,000 sedang taraf signifikan α
yang ditetapkan sebelumnya adalah 0,05, maka nilai sig 0,000 <a 0,05, sehingga H0 di tolak
ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara Efektivitas Endorse stem cell Terhadap Minat
Beli Wanita, Kemudian bisa dilihat hasil uji determinasi dimana nilai R square pada tabel
diatas bernilai 0,386 atau senilai 38,6% besaran nilai persentase yang mempengaruhi
variabel bebas terhadap variabel terikat sedangkan sisanya 61,4% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Artinya penelitian ini menerima hipotesis bahwa
efektivitas endorse stem cell berpengaruh terhadap minat beli wanita. Terdapat pengaruh
variable X (efektivitas endorse) terhadap variable Y (minat beli wanita) yang ditunjukkan
oleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu t-hitung = 3,650 > t-tabel =1,990.
Artinya efektivitas endorse stem cell berpengaruh terhadap minat beli wanita di kota Medan.