Abstract:
Akun Instagram LPM Teropong UMSU merupakan salah satu akun instagram bertemakan
berita kampus yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan seputar
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh dari jumah followers Instagram LPM Teropong UMSU dalam
menarik media partner untuk memasang iklan. Followers Instagram LPM Teropong UMSU
dipilih sebagai responden dikarenakan followers instagram tersebut merupakan pemerhati
postingan yang diunggah baik berupa informasi dalam bentuk berita maupun informasi
dalam bentuk iklan barang atau jasa. Penelitian ini menggunakan teori Model Lasswell.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitaif. Metode yang digunakan adalah observasi,
kuisioner dan dokumentasi dengan data yang diperoleh melalui kuisioner yang disebar
kepada 96 orang followers Instagram LPM Teropong UMSU. Penelitian menunjukkan oleh
nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu t-hitung = 7,316 > t-tabel =1,985, dan juga
nilai dari nilai probabilitas t yakni sig adalah 0,000 lebih rendah dari 0,05. Dapat dilihat
hasil uji determinasi dimana nilai R square pada tabel diatas bernilai 0,363 atau senilai
36,3% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas terhadap variabel terikat
sedangkan sisanya 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian
ini. Artinya terdapat pengaruh jumlah followers Instagram LPM Teropong UMSU dalam
menarik media partner untuk memasang iklan.