Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran
menggunakan meted SAVI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas
III SDN 102019 Sei Rampah, 2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi SAVI di
kelas III SDN 102019 Sei Rampah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 102019
Sei Rampah dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Penelitian ini
menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data
observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dimulai tes awal yang
diberikan sebelum pembelajaran dengan menggunakan Metode SAVI diperoleh
dari 22 orang siswa diketahui terdapat 7 siswa (31,81%) yang mempunyai
aktivitas sedang dan 13 siswa (68,19%) yang mempunyai aktivitas rendah dengan
rata-rata yang diperoleh sebesar 55,36%. Pada siklus I dari 22 orang siswa
terdapat 17 orang siswa (77,28%) yang mempunyai aktivitas sedang, 5 orang
siswa lainnya (22,72%) yang mempunyai aktivitas rendah, sedangkan rata-rata
yang diperoleh sebesar 63,63% dengan criteria sedang. Pada siklus II dari 22
orang siswa terdapat 37 siswa (100) yang mempunyai aktivitas tinggi, dan tidak
ada siswa yang mempunyai aktivitas rendah. Dengan rincian terdapat 2 orang
siswa (9,10%) yang mempunyai aktivitas sedang, 20 orang siswa (90,90%) yang
mempunyai aktivitas tinggi.