Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode
pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan
yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk
kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa
kelas VII sebanyak 56 orang dan sampel sebanyak 28 orang siswa. Penelitian ini
dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi,
dan dokumentasi. Pengelolaan penelitian ini menggunakan rumus uji “t”, uji
validitas serta rumus reabilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan antara
variabel 1 dan variabel 2. Setelah data terkumpul lalu dihitung menggunakan
teknik uji “t” dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien uji
“t” dengan tabel nilai “t” pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa thitung = 3,373
lebih besar daripada ttabel baik itu taraf 5% (2,048) dan 1% (2,763) dengan
formulasi bandingan yaitu 3,373>2,048 dan 2,763. Maka dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh positif antara metode pembelajaran sosiodrama
terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan.