Abstract:
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah
penerapanbimbingankelompokuntukmeningkatkanpemahamanperan gender
siswakelas VIII MTSN 3 Medan Sedangkan tujuannya adalah untuk
menyeimbangkanPeran Gender melaluilayananbimbingankelompoksiswa MTSN
3 Medan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan
konseling (action research). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas yang
berjumlah 294 siswa. Untuk menentukan objek dalam penelitian ini berdasarkan
rekomendasi guru BK yaitu sebanyak 8 orang siswa. Adapun instrumen dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang
berkaitan dengan siswa yang bersangkutan dan Guru BK yang memberikan
informasi tentang objek penelitian. Adapun teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari
hasil penelitian diketahui bahwa bimbingan kelompok untuk meningkatkan
pemahaman peran gender siswakelas VIII MTSN3 Medan. Hal ini dapat dilihat
dari perubahan tingkah laku para siswa.