Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media gambar
sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan murid dalam berbahasa
Mandarin. Media gambar berfungsi untuk menarik perhatian murid agar lebih
mudah memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian
komunikasi verbal masih merupakan komunikasi yang utama dalam pembelajaran
disamping penggunaan media gambar hanya saja sejauh mana komunikasi verbal
itu digunakan dan seberapa besar pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan
berbahasa Mandarin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi verbal dalam
penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin.
Data diperoleh dari sumber informan kunci dan pendukung yang berasal dari
murid kelas TKB2. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Kesimpulan
dari hasil penelitian diambil dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar
merupakan salah satu sarana yang sangat efektif untuk meningkatkan prestasi
belajar khususnya pelajaran bahasa Mandrin. Hal itu terlihat pada gambar yng
berfungsi untuk menarik perhatian murid agar lebih mudah memahami
pembelajaran bahasa Mandarin yang disampaikan oleh guru.