Abstract:
Literasi sekolah merupakan salah satu program baru yang telah di terapkan
pada sistem belajar siswa, istilah literasi pada saat ini sudah banyak mulai
digunakan dalam arti literasi yang luas, seperti literasi informasi, literasi
komputer, dan literasi sains, yang keseluruhnya kompetensi ini di laksanakan
untuk meningkatkan kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan baca tulis.
Literasi melibatkan dasar-dasar yang lengkap tentang bahasa seperti fonologi
(melibatkan kemampuan untuk mendengar dan menginterpretasikan suara),
keterampilan ini dapat menentukan suatu tingkatan yang akan dicapai oleh
seorang individu. Menurut Elizabeth B. Hurlock (1978: 114), minat adalah
sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka
inginkan bila mereka bebas memilih. Sama halnya yang diungkapkan oleh
Slameto (2010: 180), minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada
suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh.
Peneletian ini adalah penelitian asosiatif dimana maksud penelitiannya
adalah melihat pengaruh Program Literasi Membaca Di Sekolah Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Di SMP Negeri 1 Medan, dimana yang menjado
populasi penelitian ini adalah semua siswa yang ada di SMP Negeri I Medan,yang
berjumlah 1210, dipersempit dengan metode slovin sehingga didapat sampel
sejumlah 92 orang, peneliti telah menyebar angket sebanyak 92 angket yang
disebar secara acak dari kelas VII,VIII dan IX.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa program literasi membaca berpengaruh
signifikan terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Medan, hal ini
ditunjukan dari nilai uji t yang lebih tinggi dari t tabel yaitu senilai 5,390 lebih
tinggi dari 1,985, kemudian nilai signya yg lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000,
kemudian di tinjau dari nilai determinasi r square nilainya sebesar 0,244, atau
sekitar 24,4% pengaruh program literasi membaca terhadap minat belajar siswa di
SMP Negeri 1 Medan. dan nilai korelasinya yang cukup tinggi yaitu bernilai
0,794, yang artinya hubunganya kuat