Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Novita
dc.date.accessioned 2020-11-12T06:47:58Z
dc.date.available 2020-11-12T06:47:58Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10872
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) pada kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) di kelas X SMK Negeri 1 Medan. Yang menjadi variabel dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS). Instrument yang digunakan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak-3 SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, yang jumlah siswa yang sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menghitung persentase kenaikan hasil tes secara keseluruhan pada setiap siklus. Dari hasil penelitian ini yaitu hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) dalam kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan sudah baik, hal ini terlihat dalam peningkatan hasil belajar dari setiap siklus yang telah diterapkan. penerapan pada siklus I tingkat ketuntasan siswa sebesar 47,22% dengan hasil rata-rata 72,36 dan pada siklus II tingkat ketuntasan 88,89% dengan hasil rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018 en_US
dc.subject Media LKS en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Kooperatif tipe STAD. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account