Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) pada
kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana
tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe
student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) di kelas X
SMK Negeri 1 Medan.
Yang menjadi variabel dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student
teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS). Instrument yang
digunakan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan tes dan observasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X Ak-3 SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, yang jumlah siswa yang
sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan
menghitung persentase kenaikan hasil tes secara keseluruhan pada setiap siklus.
Dari hasil penelitian ini yaitu hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) dalam
kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana
tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan sudah baik, hal ini terlihat dalam peningkatan hasil
belajar dari setiap siklus yang telah diterapkan. penerapan pada siklus I tingkat ketuntasan
siswa sebesar 47,22% dengan hasil rata-rata 72,36 dan pada siklus II tingkat ketuntasan
88,89% dengan hasil rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD)
berbantu lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X
SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018