Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Akuntansi dan untuk
mengetahui kelayakan bahan ajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
pada SMK Swasta Ar-Rahman Medan pada materi pokok siklus akuntansi
perusahan jasa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model
ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1. Analysis (Analisis), 2. Design (Desain),
3. Development (Pengembangan), 4. Implementation (Implementasi), 5.Evaluation
(Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan penilaian dari
siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Ar-Rahman Medan.
Berdasarkan penilaian ahli materi 1 terhadap kelayakan bahan ajar buku akuntansi
diperoleh skor rata-rata sebesar 3,87 dengan kategori “Layak”, dan penilaian ahli
materi 2 diperoleh skor rata-rata 4,20 dengan kategori “Layak”, sedangkan
penilaian ahli media diperoleh rata-rata sebesar 4,00 dengan kategori “Layak”
Selain itu penilaian siswa terhadap bahan ajar buku akuntansi menunjukkan ratarata
sebesar
4,45
dengan
kategori
“Sangat
Layak”.
Dengan
demikian
bahan
ajar
buku
Akuntansi
Siklus
Perusahaan
Jasa
dinyatakan
“Layak”
dijadikan
media
pembelajaran
akuntansi
dalam
meningkatkan
kualitas
pembelajaran.