Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI Ak SMK Putra Anda Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Metode BelajarAktif Quiz Team Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas XI Ak SMK Putra Anda Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 pada
pokok materi Akuntansi perusahan jasa Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Putra Anda yang beralamat di Jl. WR.
Mongonsidi No. 22 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI Ak SMK yang berjumlah 40 orang, sedangkan sampel yang digunakan
adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK yang berjumlah 40 sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis
yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 15 item angket dan 9 item pre
test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis pada angket metode pembelajaran diperoleh skor setelah
menggunakan metode pembelajaran Quiz Team nilai rata – rata 34,225 dan
standar deviasi 10,98. Pre test diperoleh nilai rata-rata 71, dan standar deviasi
10,16. Sedangkan post test nilai rata-rata 85 dan standar deviasi 11,96 dalam
pengujian hipotesis diperoleh thitung 14,989 dan bila dikonsultasikan dengan nilai
tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 39 maka ttabel = 1,685
dengan demikian thitung > ttabel (14,989 > 1,685), sehingga kesimpulannya adalah :
“Ada peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI SMK Putra Anda Binjai. setelah
menggunakan Metode Belajar Aktif Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas XI Ak SMK Putra Anda Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018.