Research Repository

Upaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Maftayuna., Mirna
dc.date.accessioned 2020-11-12T06:21:40Z
dc.date.available 2020-11-12T06:21:40Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10863
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa Akuntansi kelas X di SMK Ar-Rahman Medan tahun ajaran 2017/2018, pada materi pokok Jurnal Khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung Rata-rata kelas, tingkat ketuntasan belajar, dan angket skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan Kemandirian belajar siswa kelas X Ak pada materi pokok Jurnal khusus. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil belajar siklus I yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 orang. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I 58,62% dengan jumlah 17 orang, dan pada siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang. 2) Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sangat aktif 5 orang dengan persentase 17,24%, aktif 7 orang persentase 24,14%, cukup aktif 9 orang persentase 31,03%, kurang aktif 8 orang persentase 27,59%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat aktif 7 orang dengan persentase 24,14%, aktif 14 orang persentase 48,28%, cukup aktif 8 orang persentase 27,59%, kurang aktif tidak ada. 3) HasilKemandirian belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh dari lembar angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil angket, pada siklus I skor kemandirian belajar yang diperoleh sebesar 64,38% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Group Investigation en_US
dc.subject Kemandirian, Hasil Belajar en_US
dc.title Upaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account