Abstract:
asalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin. Penelitian ini dilakukan bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking Terhadap
Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran
207/2018.
Penelitian ini dilakukan dikelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri
(SMAN) 1 Pantai Cermin Tahun Pelajaran 2017/2018 yang beralamat di Jl.
Mayjen H.T. Rizal Nurdin No. 01 Pantai Cermin. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 207/2018 yang
berjumlah 37 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa
kelas kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 207/2018 yang berjumlah 37
orang (total Ssampling). Intrumen penelitan dengan menggunakan tes tertulis
berbentuk subjektif test. Test terdiri dari 10 soal yang terlebih dahulu di uji validitas
dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata data pre test 69,19
dengan standar deviasi 12,27. Sedangkan data post tes diperoleh rata-rata 83,32
dengan standar deviasi 8,085. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas
data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t student dengan dk= n-2, pada α =
0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel dengan
hasil 16,47 > 1,688. artinya Ho diterima dan Ha ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi
Pembelajaran Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada
indikator mencatat transaksi kedalam jurnal penyesuaian kelas XI SMAN 1 Pantai
Cermin Tahun Ajaran 2017/2018.