Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode
Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di Mts. Muhammadiyah 15 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan menggunakan desain quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VII-I yang
berjumlah 20 orang. Penelitian ini dialkukan dengan menggunakan bebrapa
teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan tes. Sedangkan teknik
analisis data adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Setelah data
terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan korelasi product moment dengan
memperoleh hasil sebagai berikut: Dari hasil korelasi product moment dengan
table nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh
bahwa = 0,723 lebih besar pada baik itu taraf signifikansi 5% (0,444)
dan 1% (0,561) dengan formulasi bandingan yaitu 0,723≥ 0,444 dan 0,561.
Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H_a) diterima dan hipotesis
nihil (H_o) ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat bahwa adanya pengaruh
positif antara penggugunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fikih
materi Thaharah di MTs. Muhammadiyah 15 Medan.