Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Efektivitas belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIIB SMP Muhammadiyah 57 Medan,
mengetahui proses penerapan strategi Model Role Playing dan mengetahui
pengaruh Efektivitas belajar Akidah Akhlak SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Jenis penelitian ini adalah sebagai objek penelitian quasi eksperimen. Penilaian
ini menggunakan satu kelas eksperimen sebagai objek penelitian. Populasinya
seluruh siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 59
orang dan sampel penelitiannya yaitu kelas VIIB SMP Muhammadiyah 57 Medan
yang berjumlah 27 orang. adapun alat yang pengumpulan data yang digunnakan
dalam penelitian ini berupa angket, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan ialah uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Dari hasil
korelasi product momen dengan r hitung =0,061 yang dibandingkan dengan t table
=0,396 pada taraf sining fikat 5% dan taraf signifikan 1% 0,050 dan sebanyak 27
orang siswa, maka dapat disimpulkan bahwa ada hasil efektifitas model role
playing terhadap hasil belajar di SMP Muhammadiyah 57.