Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksaan implementasi
tahsin Alquran di Ma'had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Maka dalam penelitian ini
yang akan diungkap adalah bagaimana implementasi tahsin Alquran dalam pembelajaan
membaca Alquran di Ma'had, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan
pendukung implementasi tahsin di Ma'had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan.Penelitian
ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yakni Pimpinan (mudhir)
Ma'had, pengajar dan siswi-siswi level II program tahsin Angkatan V Ma'had Abu
Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan
metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk analisis data, peneliti
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis
atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini peneliti
berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh
tentang keadaan yang sebenarnya.Implementasi tahsin alquran di Ma'had Abu Ubaidah
Bin Al-Jarrah telah berhasil memperbaiki bacaan alquran peserta didik. Adapun faktor
pendukung diantaranya faktor internal dan eksternal, yang termasuk faktor internal yaitu
kemauan tinggi dari peserta didik, karena ketika seseorang menyadari bahwa belajar
Alquran itu penting maka diadakan berusaha bagaimana caranya dia bisa berhasil.
Faktor Eksternal yaitu motivasi-motivasi yang disampaikan oleh pengajar ma'had.
Adapun faktor penghambat diantaranya banyaknya teori tajwid, sedikitnya waktu
pembelajaran, para peserta didik rentan mengalami kesulitan dalam menuntut ilmu,
beragamnya usia peserta didik.