Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelummenggunakan metode Kepala
Bernomor di Kelas VI SDN 050746 Pangkalan BranAdan, 2) untuk mengetahui
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan metode Kepala Bernomor di Kelas VI SDN 050746 Pangkalan
Brandan, 3) apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Kepala Bernomor di
Kelas VI SDN 050746 Pangkalan Brandan. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI
SDN 050746 Pangkalan Brandan. Hasil penelitian ini dimulai dari 30 jumlah
siswa hanya 3 orang siswa (10%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 27
orang siswa (90%) dan dari pre test diperoleh nilai rata-rata kelas 45.33
mendapatklan hasil belajar yang rendah. Siklus I dari 30 orang siswa terdapat 13
orang siswa (43.33%) telahmencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 orang
siswa (56.66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan
dengan nilai rata-rata kelas 66.66%. siklus II dari jumlah siswa diperoleh 25 orang
siswa (83.33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 5 orang siswa
(16.66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas
82.00%.