Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar
pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IX SMP Muhamamdiyah 06
Medan. Penerapan model pembelajaran two stay-two stray bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran two stay-two stray
terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 06
Medan. Jenis peneitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment
dengan rancangan counterbalanced Measures design. Teknik analisis data
menggunakan metode statistikdeskriptif t-tes. Lokasi penelitian dilakukan di SMP
Muhammadiyah 06 Medan. Populasi pad penelitian ini adalah semua peserta
didik kelas IX yang berjumlah 290 orang dengan sampel 82 orang yang diambil
dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk
menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IX1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas IX3 sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran two stay-two stray
dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah terhadap
hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran
two stay-two stray berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar siswa dari
hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product
moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,768 lebih besar dari
rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,316 dan 0,405) dengan formulasi
perbandingan yaitu (0,768 ≥ 0,316 dan 0,405). Maka dapat disimpulkan bahwa
“terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran two stay-two stray
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
kelas IX di SMP Muhammadiyah 06 Medan.