Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan dan minat
membaca Al-quran siswa pada MTs Al – Washliyah Tembung. Penerapan model
pembelajaran Reading Guide bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran Reading Guide terhadap kemapuan Membaca Alquran pada Mts Al – Washliyah Tembung. Jenis peneltian yang digunakan adalah
penelitian kuntitatif. Tehnik analisis data menggunakan metode statistik, deskriftif
dan t-test. Lokas peneitian dilakukan di MTs Al – Washliyah Tembung. Poulasi
ada penlitian ini adalah semua peserta didik kelas VIIIIV yang berjumlah 193
Siswa dan kelas VIIIVII yang berjumlah 207 siswa dengan sampel 76 yang diambil
secara random. Populasi untuk selanutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana
kelas eksperimen dan mana kelas kontrol. Kelas VIIIIV sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIIIVII sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Reading Guide
dari pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan
belajar Al-quran, kemampuan mebaca Al-quran menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Reading Guide berpengaruh secara nyata terhadap
kemampuan membaca Al-quran Dari hasil dengan menggunakan rumus uji “t”,
maka diperoleh thitung =3,195. Kemudian hasil tesebut dibandingkan dengan nilai
ttabel diperoleh hasil nilai tabel =2,120. Selanjutnya, Ha diterima jika thitung lebih
besar daripada ttabel dan h0 diterima jika thitung lebih kecil daripada ttabel begitu pula
sebaliknya,karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,195≥2,120 maka
disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, berarti bahwa “terdapat perbedaan
kemampuan membaca Al-quran antara model pembeajaran Reading Guide dengan
metode konvensional pada mata pelajaran Al-quran Hadis di kelas VIII di MTs
Al-Washliyah Tembung