Research Repository

Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Blang Pegayon

Show simple item record

dc.contributor.author Rismawati
dc.date.accessioned 2020-11-12T05:15:37Z
dc.date.available 2020-11-12T05:15:37Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10831
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dan kurang tepatnya penggunaan Media pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif itu adalah penggunaan pembelajaran dengan menggunakan Media Video pembelajaran . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih pada tahun pelajaran 2017/2018 yang diajarakan dengan menggunakan Media Video Pembelajaran pada kelas X di SMA Negeri 1 Blang Pegayon. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control design. Penelitian ini dilakukan dikelas X sebanyak 62 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan meggunakan simple random sampling, sehingga terpilih kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengguakan product moment, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Pengelolaan penelitian ini menggunakan rumus rxy untuk menguji validitas untuk melihat konstribusi yang diberikan kepada variabel X dan Y, setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut : dari hasil koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy =3,197 lebih besar dari pada rtabel baik itu taraf 5% (0,349) dan 1% (0,449) dengan formulasi bandingan yaitu 3,197 > 0,349 dan 0,449. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara Media Video Pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMANegeri 1 Blang Pegayon. en_US
dc.subject Media Video Pembelajaran en_US
dc.subject Motivasi danHasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Blang Pegayon en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account