Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video terhadap
motivasi dan hasil belajar siswa dan kurang tepatnya penggunaan Media
pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu,
dibutuhkan suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Salah satu alternatif itu adalah penggunaan pembelajaran dengan menggunakan
Media Video pembelajaran . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih pada tahun pelajaran
2017/2018 yang diajarakan dengan menggunakan Media Video Pembelajaran
pada kelas X di SMA Negeri 1 Blang Pegayon.
Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain posttest only
control design. Penelitian ini dilakukan dikelas X sebanyak 62 siswa yang terbagi
dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan meggunakan simple
random sampling, sehingga terpilih kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2
sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengguakan product
moment, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Pengelolaan
penelitian ini menggunakan rumus rxy untuk menguji validitas untuk melihat
konstribusi yang diberikan kepada variabel X dan Y, setelah data terkumpul lalu
dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan
memperoleh hasil sebagai berikut : dari hasil koefisien product moment dengan
tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy
=3,197 lebih besar dari pada rtabel baik itu taraf 5% (0,349) dan 1% (0,449)
dengan formulasi bandingan yaitu 3,197 > 0,349 dan 0,449. Maka dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara Media Video Pembelajaran
terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMANegeri 1 Blang Pegayon.