Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Akuntansi
yang diajarkan dengan Model Scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar
akuntansi siswa. Dan Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar
akuntansi siswa dengan menggunakan Media Wall Bingo melalui Model
Pembelajaran Scaffolding di SMK Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas X Akuntansi SMK Taman Siswa yang
berjumlah 30 siswa. digunakan adalah tes dan observasi keaktifan siswa selama
pembelajaran adapun Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan
observasi keaktifan siswa selama pembelajaran. Tes yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal
berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi tingkat keaktifan
siswa siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis penelitian
diketahui bahwa pada siklus I diperoleh hasil belajar sebesar 53,33% dan pada
siklus II hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 90,00% . Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menggunakan Media Wall Bingo melalui Model Pembelajaran Scaffolding di
SMK Taman Siswa T.P 2017/2018.