Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model Snowball
Throwing, hasil belajar siswa setelah menggunakan model Snowball Throwing
dan pengaruh antara model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Subjek penelitian saya adalah siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian saya adalah penelitian
kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimen dimana teknik
pengumpulan data adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi sedangkan
teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Maka dalam
penerapan model pembelajaran Snowball Throwing melalui instrumen angket
diperoleh hasil yang sangat baik hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang
menjawab sangat baik yang berarti model ini telah berhasil diterapkan. Adapun
hasil yang diperoleh siswa dari instrumen tes yaitu siswa yang mendapatkan nilai
81-100 sebanyak 15 orang dengan persentase sebesar 55,56% dan yang
mendapatkan nilai 61-80 sebanyak 12 siswa dengan persentase sebesar 44,44%.
Dan hasil akhir dari koefisien korelasi Product Moment Person dengan tabel
nilai “r” pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 0,606>0,381>0,487. Dan dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang baik dan signifikan terhadap hasil
belajar Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 57 Medan dengan menggunakan
model Snowball Throwing.