Research Repository

Konsep Pendidikan Islam Menurut Abdul Munir Mulkhan

Show simple item record

dc.contributor.author Budianti, Rahayu
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:55:24Z
dc.date.available 2020-11-12T04:55:24Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10819
dc.description.abstract Berdasarkan fenomena bahwa pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakekat dan identitasnya terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum bisa mencerminkan nilai Islam terhadap moral anak bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam perlu pembenahan kembali, sehingga penelitian ini pengangkat gagasan Abdul Munir Mulkhan yang merupakan seorang tokoh intelektual di Muhammadiyah yang memiliki gagasan gemilang di dunia akademisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan ini termasuk dalam kategori penelitian Studi Tokoh, yaitu penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan menggunakan pendekatan historis dan filosofis. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan karya-karya Abdul Munir Mulkhan yang dijadikan sebagai data primer dan ditambah dengan referensi lainnya sebagai data sekunder untuk kemudian diminta penguatan terhadap tokoh melalui media sosial yang ada hubungan dengan objek penelitian ini. Konsep pendidikan Islam menurut Abdul Munir Mulkhan pada dasarnya terletak pada dalam tubuh pendidikan Islam itu sendiri. Fokus utama pendidikan Islam adalah terletak pada tumbuhnya kepintaran siswa yaitu kepribadian yang sadar diri atau kesadaran budi sebagai pangkal dari kecerdasan kreatif. Diharapkan kemampuan siswa untuk mempunyai kesadaran kekuasaan Tuhan dalam mengawasi tindakan manusia, bukan hanya siswa melainkan seperangkat pelaku pendidikan Islam itu sendiri. Guru seharusnya menjadi pembimbing peserta didik bagaimana belajar hidup, bukan sekedar menunjukkan sejumlah pengetahuan dan dalil-dalil ilmu, kecerdasan dan keterampilan. Pendidikan moral bukan sekedar soal pengetahuan baik buruk dengan segala resikonya, tetapi memeroleh pengalaman baik buruk. Guru bukan sekedar pembimbing anak-anak agar bisa membaca, tetapi bagaimana membaca sebagai cara belajar. en_US
dc.subject Konsep en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam Menurut Abdul Munir Mulkhan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account