Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum
menggunakan media Puzzle Di Kelas III SDN 101820 Pabatu, 2) Untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam setelah menggunakan media Puzzle Di Kelas III SDN 101820
Pabatu, 3) Untuk mengetahui Apakah terjadi peningkatan motivasi dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan media Puzzle Di Kelas III SDN 101820 Pabatu. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas III SDN 101820 Pabatu dengan jumlah siswa 17 orang
siswa. Hasil penelitian ini dimulai pada pemberian tes awal dari 17 siswa
diperoleh 13 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tuntas secara individual dengan
persentase ketuntasan belajar sebesar 23,00%. Selanjutnya pada siklus I dari 17
siswa diperoleh 9 siswa yang tidak tuntas dan 8 siswa yang tuntas secara
individual dengan persentase ketuntasan sebesar 47,1%. Sedangkan pada siklus II
dari 17 orang siswa terdapat 14 siswa yang tuntas belajar dengan persentase
sebesar 82,3%, dan 3 orang siswa 17,7% yang belum mendapat ketuntasan
belajar.