Abstract:
Pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Problem
Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study oleh siswa kelas XI AK 1 SMK
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak yang berjumlah 38 orang siswa dalam satu
kelas.
Teknik analisis data menggunakan tiga rumus, yang pertama menghitung
persentase perubahan hasil belajar siswa secara klasikal, yang kedua menentukan
daya serap siswa secara individu dan yang ketiga tingkat ketuntasan belajar.
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model Problem Based
Learning (PBL) berbasis Lesson Study, instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes dan observasi.
Adapun hasil belajar siswa setelah pengembangan Model Problem Based
Learning (PBL) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa,
dengan persentase ketuntasan pada siklus I hanya sebesar 44,74% dengan jumlah
ketuntasan 17 orang siswa. Pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi
94,74% denganjumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 orang siswa. Hal ini terlihat
bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan sebesar 50%.