Research Repository

Peningkatan Hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Namimah Di MTs Muhammadiyah 15 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Novita
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:42:46Z
dc.date.available 2020-11-12T04:42:46Z
dc.date.issued 2018-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10810
dc.description.abstract Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 15 Medan menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Namimah dikelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi,observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkahlangkah : a) menyusun rencana kegiatan b)pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua.penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,5 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 13 orang siswa (54,17 %) dari 24 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 50 %. Bearti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 86,6 keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 24 orang siswa sebesar 100 % dari 24 siswa, tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 100 % secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. en_US
dc.subject Namimah en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Namimah Di MTs Muhammadiyah 15 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account