Abstract:
Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 15 Medan menunjukkan adanya
banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Skripsi ini bertujuan
untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak materi Namimah dikelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15
Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data
menggunakan dokumentasi,observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis
Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkahlangkah : a) menyusun rencana kegiatan b)pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi.
Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga
penelitian dihentikan pada siklus kedua.penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test
awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan perbaikan pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,5 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 13 orang
siswa (54,17 %) dari 24 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 50 %.
Bearti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata kelas mencapai 86,6 keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 24 orang siswa
sebesar 100 % dari 24 siswa, tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 100 % secara
keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai
masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat
meningkat.